Tanda-Tanda Penyakit Kutil Kelamin Yang Mudah Diketahui

Tanda-Tanda Penyakit Kutil Kelamin Yang Mudah Diketahui _ Penyakit Kutil kelamin adalah infeksi menular seksual yang ditandai dengan munculnya benjolan-benjolan daging berukuran kecil di sekitar area kelamin atau dubur. Penyakit ini sangat tidak menyebabkan nyeri serta tidak membahayakan jiwa penderitanya. Walau demikian, penyakit ini menimbulkan stres akibat benjolan yang tidak sedap dipandang mata. Human papilloma virus (HPV) adalah penyebab kutil kelamin. Seseorang dapat terjangkit kutil kelamin melalui kontak antar kulit ketika dirinya melakukan hubungan seksual dengan orang lain yang sudah terinfeksi. Besarnya risiko tersebut adalah sebesar 66 persen. Karena itu kutil kelamin merupakan penyakit seksual yang cukup umum terjadi.

 

f:id:andrisantosa889:20170912103627j:plain

 

Penyebab Kutil Kelamin 


Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena kutil kulit. Kutil kulit berupa tumor jinak yang muncul di permukaan kulit tubuh. Meski tumor jinak, kutil kulit tersebut bisa memicu potensi kanker jika memiliki sifat karsinogenik. Berikut ini adalah penyebab kutil kulit yang harus diwaspadai :

 

1. HPV


Kutil atau veruka disebabkan oleh virus. Virus itu bisa menyebabkan kutil pada kulit tangan, jari tangan, lengan dan bagian tubuh lainnya disebabkan oleh virus HPV.


2. Sistem Imun Rendah


Virus HPV akan mudah sekali masuk ke dalam tubuh orang yang sistem imunnya rendah. Badan yang sehat atau fit bisa menangkal penyakit kutil tersebut.


3. Darah Kutil


Sama halnya dengan jerawat, darah yang keluar dari kutil tersebut bisa menular ke bagian tubuh lainnya. Misalnya saja kutil di jari tangan digaruk, kemudian berdarah. Darah yang keluar dari kutil tersebut membawa virus dan virus itu bisa menyebar ke bagian tubuh yang lainnya. Jerawat yang di pencet dan keluar nanah bisa mudah menular ke bagian tubuh yang lainnya karena nanah tersebut berisi kuman yang mudah menular begitupun dengan kutil.

Baca Juga : Obat Kutil Kelamin Pada Ibu Hamil


4. Media Penularan Kutil


Kutil juga bisa menular melalui media penularan. Hal itu dikarenakan penularan kutil bisa kontak langsung antara kulit dengan kulit. Tidak hanya itu saja virus HPV tersebut suka dengan tempat yang lembab dan memiliki suhu hangat. Hati-hati dengan barang di bawah ini, sebab barang di bawah ini merupakan media penularan kutil kulit :

  1. Sepatu dan kaos kaki
  2. Gunting kuku
  3. Handuk
  4. Pakaian
  5. Pakaian dalam
  6. Kolam renang
  7. Air kamar mandi dan lantai kamar mandi

f:id:andrisantosa889:20180119163023j:plain

Tanda-Tanda Penyakit Kutil Kelamin

 

  • Benjolan : Kutil bisa tumbuh bagian kulit manusia dan di kelamin pria maupun wanita. Jika diraba akan terasa benjol. Benjolan tersebut jika sudah tingkat parah tidak hanya satu namun bisa dua atau lebih.
  • Disertai Pembengkakan : Benjolan pada kutil tidak hanya sekedar benjolan saja namun benjolan pada kutil tersebut bisa disertai dengan pembengkakan. Pembengkakan itu bisa menimbulkan rasa tidak nyaman bagi penderitanya.
  • Berisi Daging : Kutil yang muncul di organ genital maupun di sekitar anus adalah kutil yang berisi daging. Banyak orang yang menyebutnya dengan daging tumbuh. Berbeda dengan benjolan lainnya seperti jerawat dan bisul yang berisi dengan nanah atau cairan. Kutil tersebut tidak bisa dipecahkan karena berisi daging.
  • Seperti Kembang Kol : Pernahkah anda melihat bentuk kembang kol? pernahkah anda meraba permukaan kulitnya?, ya seperti itulah kondisi kutil kelamin jika dibiarkan dalam waktu yang terlalu lama dan tidak diobati.
  • Begerombol : Kutil kulit maupun kutil kelamin tidak hanya tumbuh satu buah saja namun kutil bisa tumbuh secara bergerombol membentuk suatu kelompok. Kutil yang bergerombol tersebut merupakan kutil yang terlalu lama dibiarkan atau kutil yang dibiarkan menghilang dengan sendirinya tanpa diobati sehingga saat muncul kembali dia akan bergerombol.
  • Menyebar : Kutil tidak boleh disepelekan sebab bisa menyebar keseluruh bagian permukaan kulit dan organ genital. Misalnya saja kutil kelamin pertama kali muncul di bibir vagina namun lama kelamaan keberadaan kutil itu akan menyebar dan bertambah banyak jumlahnya. Kutil yang awalnya hanya tumbuh di bibir vagina bisa muncul di dalam vagina. Untuk kutil kulit yang muncul di satu jari tangan saja dia bisa menyebar ke beberapa jari lainnya.
  • Gatal : Sama dengan ciri penyakit kelamin lainnya yang didominasi dengan rasa gatal. Rasa gatal itu diakibatkan oleh kuman dan virus yang ada di organ genital.Rasa gatal akan selalu ada selama kuman dan virus tersebut masih ada di organ genital. Kutil kulit juga akan terasa gatal karena disebabkan oleh virus.
  • Menyerupai Jengger Ayam : Tidak hanya mirip dengan kembang kol saja, kutil kelamin tersebut juga menyerupai jengger ayam. Bentuknya yang bergerombol serta bintik-bintiknya yang banyak meyerupai jengger ayam baik itu jengger ayam betina maupun jengger ayam jantan.
  • Warna Pada Kutil : Kutil memiliki warna yang berbeda-beda, namun yang pasti adalah warna kutil itu akan berbeda dengan warna kulit di sekitarnya sehingga warnanya akan menonjol. Kebanyakan kutil kelamin akan berwarna kemerahan. Kemerahan itu juga disebabkan oleh iritasi atau infeksi. Selain kemerahan kutil kelamin juga akan berwarna hitam agak kemerah-merahan, abu-abu dan juga kemerahan serta cokelat agar kemerah-merahan. Jika anda menjumpai benjolan dengan warna seperti itu meski baru tumbuh satu anda harus segera periksa ke dokyer kulit dan kelamin. Untuk kutil kulit warnanya didominasi degan warna putih, hitam, cokelat dan juga kuning.
  • Pendarahan : Ciri kutil lainnya adalah kutil tersebut akan menimbulkan pendarahan. Penderita kutil yang sudah mengalami pendarahan adalah tanda jika kutil sudah ke tahap yang serius lagi. Pendarahan itu bisa berupa darah segar seperti menstruasi atau hanya seperti flek darah segar maupun cokelat. Bagi pria, dia akan mengalami kencing berdarah atau dari lubang kencingnya akan mengeluarkan darah.
  • Tidak Nyaman : Semua orang yang menderita penyakit kutil tentu tidak akan merasakan nyaman, selain harus menahan berbagai rasa yang ditimbulkan oleh kutil tersebut ternyata kutil juga menyulitkan orang dalam beraktivitas. Misalnya saja untuk duduk terutama jika kutil kelaminnya tumbuh di antara vagina dan juga anus. Kutil kulit dengan jenis mata ikan juga bisa menyebabkan rasa tidak nyaman untuk berjalan.

Jika Anda Terkena Penyakit Kutil Kelamin atau Jengger Ayam

kami De Nature Indonesia Memiliki Solusinya Untuk Anda

f:id:andrisantosa889:20171005153720g:plain